Bekerja Keras Boleh Saja Asal Jangan Sampai Mengorbankan Sehatmu

Bekerja Keras Boleh Saja Asal Jangan Sampai Mengorbankan Sehatmu

532
SHARE

Beban dan tanggung jawab pekerjaan yang besar kadang membuat kita lupa untuk mengurus hal-hal lain. Seperti soal kesehatan sendiri. Kadang kita jadi terlalu cuek untuk urusan kesehatan karena lebih fokus soal kerjaan.

Kalau kita terus-terusan mengorbankan kesehatan hanya untuk pekerjaan, dampaknya bisa berbahaya. Kita jadi berisiko mengalami sejumlah penyakit serius. Belum lagi dengan kesehatan mental dan jarang bisa benar-benar bahagia.

Tahu nggak apa tanda-tanda kamu sudah mengorbankan kesehatanmu demi kerja? Coba cek apakah kamu merasakan sinyal-sinyal ini. Kalau iya, kemungkinan besar hidupmu sudah tak lagi seimbang antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

1. Kamu gampang sakit.

2. Hubunganmu dengan orang terdekatmu makin memburuk.

3. Mengalami gangguan kognitif, seperti jadi pelupa dan susah konsentrasi.

4. Kamu sering membawa pekerjaan kantor ke rumah.

5. Pikiranmu sering negatif.

6. Jarang tersenyum dan tertawa lepas.

7. Super sensitif, gampang tersinggung dan marah.

8. Selalu susah bangun pagi.

9. Produktivitas kerja menurun.

10. Tak ada rasa kepuasan batin setiap kali selesai kerja.

Kalau kamu sudah merasakan sinyal-sinyal itu, baiknya segera cari waktu untuk berlibur atau melakukan hal-hal yang bikin kamu lebih rileks. Bagaimana pun, tubuh dan pikiranmu juga perlu istirahat. Jangan sampai kamu terlalu cuek dan mengorbankan banyak hal demi pekerjaan.

Meski susah, atur waktu dan jadwal harianmu dengan seimbang. Bukan cuma jadwal kerja saja yang perlu dibuat. Tapi juga jadwal liburan, melakukan hobi, atau jalan-jalan dengan orang tercinta. Dengan begitu, kesehatan tubuh dan pikiran bisa tetap terjaga dengan baik.

Kesehatan tubuh sangatlah penting. Bahkan jadi aset utama untuk bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Kebayang nggak gimana jadinya kamu jatuh sakit dan tergolek di tempat tidur. Mau menggerakkan tubuh atau melakukan aktivitas seperti biasa pastinya susah sekali. Agar hal tersebut tidak terjadi, yuk mulai lebih bijak lagi atur waktu.

Sumber: Vemale .com

PLEASE SHARE :)