BUNDA WAJIB TAU ! INILAH TANDANYA BAHWA BAYI ANDA LAPAR!!

BUNDA WAJIB TAU ! INILAH TANDANYA BAHWA BAYI ANDA LAPAR!!

2298
SHARE

Mama baru biasanya sulit membedakan, apakah bayi sudah kenyang atau masih lapar. Ini berbeda dengan Mama yang sudah berpengalaman, yang dengan nalurinya bisa membedakan bayi sudah kenyang atau lapar. Di luar pengalaman dan naluri Mama, biasanya bayi akan memberikan tanda tertentu yang menandakan ia lapar. Mama harus peka membaca tandanya.

Petunjuk berikut ini semoga membantu Mama lebih peka mengenali tanda lapar pada bayi:

  • Setiap bayi memiliki cara berbeda untuk menunjukkan kalau ia merasa lapar. Setelah beberapa saat Ibu akan semakin mahir mengenali tanda-tanda unik tersebut yang dapat berupa:
  • Mulut, bibir, dan lidah bergerak, misalnya membuat gerakan mengisap; membuka dan menutup mulut, menjulurkan lidah.
  • Bayi akan menggerakkan kepalanya dari kiri ke kanan (atau sebaliknya), seperti mencari sesuatu; disebut dengan reflex rooting. Bila Ibu menyentuh sisi kepala bayi dan bayi mencari sesuatu untuk diisap, berarti ia lapar.
  • Bayi akan meletakkan tangannya di mulut dan mengisapnya.

Jika bayi menangis kurang dari satu jam setelah disusui, Ibu akan tahu si bayi tidak lapar. Bila bayi menangis karena merasa lapar, biasanya diawali dengan tanda-tanda seperti di atas yang menandakan adanya rasa tidak nyaman, dan mengeluarkan suara rengekan atau menggerutu. Bila bayi mulai menyusu dan berhenti dan mulai menangis lagi, mungkin ini sebagai tanda si bayi tidak lapar.

tandanya-bahwa-bayi-anda-lapar-1

Sumber : bubu institute

PLEASE SHARE :)