Jangan Bayar 5 Cicilan Ini dengan Kartu Kredit

Jangan Bayar 5 Cicilan Ini dengan Kartu Kredit

2609
SHARE

Anggapan bahwa pemilik kartu kredit bisa membeli segalanya tentu tidaklah benar. Pengguna kartu kredit harus memiliki kesadaran bahwa tidak semua yang diinginkan bisa dibayar dengan kartu kredit. Bahkan, kartu kredit bisa menjadi alat utang dengan bunga yang mengerikan jika kartu kredit yang dimiliki tidak dibatasi dengan batas plafon atau unlimited.

Menggunakan kartu kredit memang terlihat sangat memudahkan, Anda hanya tinggal menggesek saja, maka segala jenis pembayaran bisa Anda lakukan tanpa repot menyiapkan uang tunai. Terlebih jika nilai yang harus Anda bayarkan jumlahnya banyak.

Namun, ada aturan tidak tertulis dalam penggunaan kartu kredit yang perlu anda ketahui. Tidak semua keperluan Anda bisa dibayar dengan kartu kredit, bahkan ada sejumlah cicilan yang sebaiknya dihindari dalam menggunakan kartu kredit untuk membayarnya.

Mengapa harus dihindari? Jika Anda menggunakan kartu kredit untuk keperluan di bawah ini, maka sama saja dengan menggeser utang dengan membuka utang baru yang berpotensi menimbulkan biaya yang lebih besar lagi.

Kredit di bawah ini sebaiknya Anda bayarkan secara tunai dan jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk membayarnya.

1. Cicilan KPR

Saat ini banyak cara untuk mendapatkan rumah impian Anda, jika tidak memiliki uang tunai yang mencukupi, Anda bisa membeli rumah dengan KPR. Kredit Pemilikan Rumah pun saat ini banyak ragamnya, Anda bisa mencicil rumah dengan menyesuaikan kemampuan ekonomi yang Anda miliki.

Namun, jangan menggunakan kartu kredit untuk membayar cicilan KPR dan uang mukanya. Jangka waktu kartu kredit yang pendek dan bunganya yang tinggi bisa menyulitkan Anda untuk membayarnya. Apalagi jika sampai timbul keterlambatan dalam membayar tunggakan kartu kredit. Sistem bunga berbunga dalam kartu kredit sangat merugikan nasabah.

2. Cicilan Kendaraan

Sama dengan produk properti, kendaraan khususnya roda empat saat ini menjadi alat transportasi yang peminatnya semakin tinggi seiring berjalannya waktu. Banyak keluarga muda bahkan pekerja kantoran yang belum berkeluarga menempatkan mobil sebagai prioritas barang yang harus dimiliki.

Memiliki mobil impian pasti tidak mudah, ada harga yang harus dibayar dan nominalnya tentu tidak sedikit. Bagi yang kesulitan mendapatkan mobil, kredit bisa menjadi langkah alternatif yang bisa dilakukan.

Meskipun begitu, bagi Anda pemilik kartu kredit, sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit untuk membayar uang muka dan cicilan kendaraan bermotor. Bunga kartu kredit tergolong tinggi, dan jangka waktunya pun singkat, bisa jadi akan membuat anda kelak merasa kesulitan untuk melunasinya.

3. Cicilan Pendidikan

Jangan membiayai pendidikan anda dengan menggunakan kartu kredit. Kenapa? Dengan menggunakan kartu kredit, maka Anda memiliki kewajiban untuk membayar utang. Dan tingginya bunga kartu kredit, bisa jadi akan membebani pikiran Anda selama masa pendidikan, sehingga akan mempengaruhi nilai Anda. Sebaiknya Anda mencari beasiswa, daripada menggunakan kartu kredit.

Jangan pula Anda tergoda oleh sistem minimum payment atau membayar tunggakan tidak penuh karena sistem bunga kartu kredit dihitung harian sehingga bisa terasa sangat memberatkan.

4. Biaya Pernikahan

Jenis biaya yang sebaiknya anda hindari pembayarannya dengan kartu kredit adalah biaya pernikahan. Menabunglah untuk biaya pernikahan yang lebih baik, atau jika terpaksa Anda bisa pinjam kepada orang yang Anda percayai. Membiayai pernikahan dengan kartu kredit hanya akan membebani pernikahan anda dengan kewajiban membayar cicilan yang bunganya tinggi. Masa-masa pasca pernikahan seharusnya menjadi waktu untuk berbahagia, bukan memikirkan bunga kartu kredit.

5. Biaya Rumah Sakit

Hindari penggunaan kartu kredit untuk membayar biaya rumah sakit. Apabila terjadi keadaan darurat yang berkenaan dengan kesehatan Anda, maka lebih baik Anda menggunakan asuransi kesehatan atau menyisihkan tabungan untuk biaya-biaya tidak terduga.

Penting untuk diketahui dalam perencanaan keuangan Anda harus memiliki dana darurat. Dana ini sangat bermanfaat manakala anda membutuhkan saat kondisi darurat sehingga tidak terjebak oleh penggunaan kartu kredit untuk tujuan yang tidak tepat.

Perhatikan Bunga Cicilan

Ingat, kartu kredit bukanlah alat pembayaran yang bisa Anda gunakan sekehendak hati. Ada bunga dan cicilan yang harus anda lunasi apabila menggunakannya. Jangan sampai Anda terlena dengan kemudahan kartu kredit yang justru akan menyulitkan Anda di kemudian hari.

PLEASE SHARE :)