LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMBANTU BAYI YANG TERSENDAK HINGGA KESULITAN BERNAFAS !!

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMBANTU BAYI YANG TERSENDAK HINGGA KESULITAN BERNAFAS !!

645
SHARE

Menepuk-nepuk punggung anak saat anak tersedak makanan atau mainan hanya efektif jika dilakukan sesaat sebelum anak berhasil menelan makanan. Biasanya, anak akan batuk-batuk setelah punggungnya ditepuk-tepuk. Namun, jika ukuran makanan termasuk besar atau saluran pernafasan tersumbat, menepuk-nepuk punggung tidak akan berhasil mengatasi tersedak.

Cara menolong anak yang tersedak adalah mengambil benda yang menyumbat saluran pernafasan dengan jari. Tapi, tindakan ini dilakukan bila makanan atau benda tersebut masih terlihat di dalam mulut anak. Jadi, jangan ambil makanan tersebut jika tidak terlihat sebab bisa mengakibatkan makanan atau benda terdorong lebih dalam.

Lantas, apa yang harus dilakukan bila anak tersedak? Simak di halaman berikutnya.

Heimlich maneuver adalah tindakan pertolongan pertama saat mendapati seseorang tengah tersedak makanan yang tersangkut di tenggorokan sehingga memblokir jalur. Heimlich maneuver dapat dilakukan pada dewasa dan anak di atas 1 tahun.

Berikut cara melakukan Heimlich maneuver:

  1. Berdirilah atau berlutut di belakang anak, lingkarkan kedua lengan Anda di sekeliling tubuh anak.
  2. Buatlah kepalan tangan dan posisikan sedikit di atas pusarnya.
  3. Tekan kepalan tangan dengan tangan lain yang bebas dan lakukan gerakan hentakan ke atas dengan cepat.
  4. Lakukan tindakan menekan hingga benda yang menyumbat pernapasan anak keluar atau hingga anak mulai bernapas normal kembali.
  5. Bila anak kehilangan kesadaran, segera beralih ke tindakan pemberian nafas buatan dan segera cari bantuan sekitar untuk pertolongan medis lebih lanjut.

Sedangkan untuk kasus tersedak pada anak di bawah 1 tahun, pertolongan pertama yang bisa dilakukan dengan manuver back blows. Berikut cara melakukan manuver back blows ini pada anak berusia di bawah 1 tahun:

  1. Tengkurapkan bayi pada lengan depan orang dewasa, topang leher dan dagunya dengan jari-jari orang dewasa, dan posisi kepala bayi lebih rendah daripada posisi dadanya.
  2. Tekan punggung bayi tepat di antara kedua bahunya dengan menggunakan dasar telapak tangan orang dewasa sebanyak lima kali gerakan secara cepat.
  3. Jika makanan atau benda lain yang menyumbat tenggorokan anak tidak kunjung keluar, balik badan bayi dan letakkan bayi tertidur telentang pada meja atau lantai.
  4. Posisikan dua jari Anda tepat di tengah tulang dada dan sedikit di bawah puting dan lakukan sebanyak lima gerakan menekan secara cepat.
  5. Lakukan gerakan menekan dari belakang dan dari depan sehingga benda yang menyumbat keluar atau bayi mulai mampu bernafas normal.
  6. Jika bayi kehilangan kesadaran, segera beralih ke tindakan pemberian nafas buatan dan segera cari bantuan medis.

Bila Anda berhasil mengeluarkan benda yang menyumbat saluran pernafasan anak, tetap bawa anak ke rumah sakit untuk menerima pemeriksaan lanjutan. Anda juga bisa menghindari anak tersedak mainan dengan melakukan tips ini. (PA)

Ditinjau oleh dr. Cynthia Utami, Sp.A

PLEASE SHARE :)