Awas, Sering Tahan Pipis Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya Ini

Awas, Sering Tahan Pipis Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya Ini

2988
SHARE

Beberapa orang memilih untuk menahan kencing karena sedang di kendaraan umum, keadaan toilet yang kotor atau bahkan malas berdiri dari tempat duduk. Well, ini tak boleh dibiasakan Ladies. Menahan kencing berakibat buruk untuk kesehatan. Membiarkan kandung kemih sampai penuh bisa menyebabkan kerusakan serius pada organ-organ tubuh lho. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa menimpamu jika kamu terlalu sering menahan pipis.

Batu Ginjal

Menahan pipis bisa menyebabkan penyakit batu ginjal. Batu ginjal disebabkan karena ada yang mengeras di ginjal dan saluran kemih. Saat kamu menahan kencing maka mineral dan racun akan semakin terakumulasi dan mengkristal yang akhirnya membentuk batu. Batu-batu kecil tersebut memang awalnya tak terasa sakit, namun lama kelamaan ini akan menghambat aliran urine dan menyebabkan rasa sakit.

Melemahkan Otot Kandung Kemih

Menahan pipis ternyata juga akan melemahkan otot-otot kandung kemih. Ini akan menyebabkan retensi urine yang mana berarti sistem kemih tidak dapat mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Ini juga berisiko menyebabkan Interstitial Cystitis, di mana dinding kandung kemih meradang.

Infeksi Saluran Kemih

Menahan kencing juga berisiko menyebabkan ISK atau infeksi saluran kemih. Saat urine tetap berada di kandung kemih untuk jangka waktu yang lama maka tingkat bakteri yang terbentuk di kandung kemih akan makin tinggi. Ini akhirnya akan menyebabkan infeksi saluran kemih dan bahkan menyebabkan infeksi pada ginjal.

Karena itulah Ladies kamu harus segera mengeluarkan urine saat merasa ingin kencing. Frekuensi buang air kecil normal dalam sehari adalah delapan sampai sepuluh kali. Akan tetapi ini juga bervariasi tergantung setiap orang. Demi kebaikan tubuh, sebaiknya memang tak menahan untuk buang air kecil terlalu lama.

Sumber: Vemale .com

PLEASE SHARE :)