Stop Kebiasaan Menyimpan Tomat di Lemari Es, Ini Alasannya

Stop Kebiasaan Menyimpan Tomat di Lemari Es, Ini Alasannya

7365
SHARE

Siapapun pasti tahu akan buah tomat. Buah yang kaya akan vitamin C ini biasanya disantap secara langsung, dibuat jus buah, dibuat sambal, dibuat saus atau dibuat sebagai bumbu masakan. Selama ini, buah tomat dikenal sebagai salah satu buah sekaligus sayuran yang memiliki segudang manfaat sehat buat kesehatan maupun kecantikan. Nutrisi, vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalam tomat bahkan dipercaya mampu mencegah dan menyembuhkan berbagai risiko penyakit.

Untuk mendapatkan buah tomat yang kaya akan nutrisi dan vitamin, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih buat tomat yang masih segar. Dikutip dari laman merdeka.com, menyimpan buat tomat dalam waktu lama hingga membuatnya layu justru akan membuat vitamin serta nutrisi yang terkandung di dalamnya berkurang. Bahkan nih ya, buat tomat yang masih segar karena disimpan di lemari es nutrisi dan vitaminnya justru berkurang lebih banyak.

Penelitian menemukan bahwa tomat yang disimpan di lemari es dengan suhu kurang dari 12 derajat celcius akan membuat nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam buah tomat hilang. Tak hanya itu saja, rasa buah tomat yang disimpan di lemari es juga akan berubah. Rasa tomat yang sebelumnya segar dengan sedikit rasa manis serta asam akan berubah menjadi sedikit lebih hambar ketika di simpan di dalam lemari es dengan suhu kurang dari 12 derajat celcius.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of Florida menemukan bahwa buah tomat yang disimpan di suhu ruangan rendah atau di lemari es, ini akan mempengaruhi rasa buah tomat. Ini juga akan membuat nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam buah tomat perlahan hilang. Penelitian tersebut juga menyebutkan, “Tomat yang disimpan di suhu ruangan rendah atau lemari es akan memiliki rasa hambar. Sementara tomat yang disimpan di suhu ruangan normal akan memiliki rasa lebih enak. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya pun akan lebih baik.”

Atas temuan dalam penelitian ini, para ilmuwan menyarankan agar kita senantiasa menyimpan buah tomat di suhu ruangan normal demi dapatkan buah tomat dengan rasa dan nutrisi yang maksimal. Ilmuwan juga menyarankan agar kita membeli buah tomat secukupnya secara bertahap agar kualitas rasa dan nutrisi tak berkurang secara signifikan. Well, semoga informasi ini bermanfaat dan kita pun semakin bijak dalam menyimpan buah tomat agar rasa dan nutrisinya tak pernah berkurang.

Sumber: Vemale .com

PLEASE SHARE :)