Yuk Ikuti Tips Merawat AC Rumah Ini Agar Tahan Lama Hingga 10...

Yuk Ikuti Tips Merawat AC Rumah Ini Agar Tahan Lama Hingga 10 Tahun!

1018
SHARE

Pendingin ruangan kini sudah bukan lagi barang langka yang di temui di rumah, Apalagi di indonesia dengan daerah tropis tentu bukan tidak mungkin dalam satu rumah sebuah AC dapat dinyalakan sepanjang hari demi menambah kesejukan ruangan.

Namun seperti barang pada umumnya, semakin banyak digunakan nilai keawetannya pun akan menurun dan berakhir rusak.

Umumnya, mulai mengalami kendala setelah jangka waktu penggunaan 2-4 tahun. Sebenarnya, jika Anda mampu merawat dan menggunakannya dengan benar, sebuah AC dapat bertahan hingga 10 tahun lebih. Ikuti beberapa tips berikut untuk bikin AC rumah Anda awet.

Gunakan Timer

Gunakan fitur timer saat menyalakan AC sehingga akan mati secara otomatis tepat pada waktunya. Setel waktu sesuai dengan kebutuhan.

Sebaiknya AC dinyalakan maksimal selama 5 jam dalam satu kali pemakaian. Setelah itu biarkan mesin dingin kembali. Fitur timer juga menjaga mesin AC tidak cepat rusak.

Sebaiknya jangan sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Ini akan membuat mesin AC cepat panas. Selain itu, suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim Indonesia

Bersihkan Filter AC

Bersihkan filter AC secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Jika sudah terlampau kotor Anda dapat mengganti filter baru.

Debu yang menumpuk pada filter akan menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu. Akibatnya AC akan cepat rusak.

Bersihkan Kumparan AC

Selain filter, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya sebab debu juga kerap menumpuk pada bagian ini.

Debu yang menumpuk pada kumparan dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Ini dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan korslet. Periksa kumparan secara rutin setiap tahun dan bersihkan.

Periksa Thermostat

Periksa selalu thermostat (pengatur suhu) untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruang tetap stabil.

Atur thermostat dengan temperatur yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang/kegiatan. Atau, jika benar-benar tak ada orang di rumah, sebaiknya matikan AC.

Cek Kipas

Periksa kipas yang terpasang di atas unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas masih berada dalam kondisi yang bagus. Ganti pisau kipas jika terdapat retak atau pecahan.

Servis Secara Berkala

Lakukan servis secara berkala. Anda bisa menggunakan jasa layanan perbaikan AC untuk memeriksa kelayakan.

Umumnya produsen AC menyediakan layanan servis untuk membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil, dan mencegah kerusakan besar pada AC.

Merawat AC secara teratur tidak hanya menghemat uang, tapi juga membuat rumah tetap nyaman.

Sumber: wajibbaca.com

PLEASE SHARE :)